Jalan KH Sholeh Iskandar KM. 2, Bogor +6282298895032 informatika@ft.uika-bogor.ac.id

Visi, Misi dan Tujuan Prodi TI

Program Studi S1 Teknik Informatika merupakan salah satu dari 4 (empat) program studi di bawah Fakultas Teknik Universitas Ibn Khaldun Bogor (UIKA Bogor). Program studi ini dibentuk untuk mempersiapkan tenaga akademik dan/atau profesional yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidang Teknik Informatika.

Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika saat ini baru memiliki lima konsentrasi/ peminatan/ lab keilmuan yaitu: Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Net Centric Computing (NCC), Sistem Informasi (SI), Geo Informasi (GI), dan Artificial Inteligence (AI). 

Program Studi ini ditunjang oleh fasilitas laboratorium praktikum dan laboratorium penelitian untuk menunjang proses belajar mengajar serta didukung oleh berbagai kerjasama bidang pendidikan dan industri.

Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi Teknik Informatika adalah sebagai berikut:

VISI

Menjadi Program Studi Terkemuka Bidang Informatika dengan lulusan Islami berdaya saing regional tahun 2025. 

Terkemuka: adanya upaya prodi dalam  melaksankan tridarma perguruan tinggi yang hasilnya paling baik sesuai sasaran yang telah ditentukan.

Lulusan Islami dimaksudkan sebagai upaya PS melaksanakan Tridharma PT dengan berpedoman Al Quran dan Al Hadist yang dibutuhkan dalam memenuhi kebutuhan pasar sesuai dengan kompetensinya. 

Berdaya saing regional, mampu bersaing dan memiliki etos kerja islami sesuai dengan kompetensinya untuk memenuhi kebutuhan pasar regional tanpa batas negara (borderless) melalui kerangka Mutual Recognition Agreements (MRA)  di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Etos kerja Islami dimaksudkan lulusan memiliki kompetensi dalam bidangnya dengan standar intelektual, emosional, dan spiritual (IQ, EQ, SQ) yang memadai.

Tahun 2025 dimaksudkan sebagai target terwujudnya aspek terkemuka dan lulusan Islami untuk dapat bersaing di tingkat regional sesuai target waktu visi di tingkat fakultas dan universitas unggul pada tahun 2025.

MISI

  1. Meningkatkan kualitas tridharma program studi secara berkelanjutan
  2. Mengembangkan budaya inovasi dalam ilmu pengetahuan
  3. Meningkatkan akses dan peran program studi bagi peningkatan taraf dan kualitas hidup masyarakat
  4. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan tata pamong 

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan islami berdaya saing regional melalui pelaksanaan kegiatan tridharma.
  2. Menjalin kemitraan dengan para pihak untuk menghasilkan produk penelitian inovatif bidang informatika yang berbasis laboratorium keilmuan Geoinformatics, Information System, Software Engineering, Net Centric Computing, dan Artificial Intelligence.
  3. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta budaya inovasi melalui percepatan penyerapan teknologi baru dan penyesuaian kurikulum agar dapat menjadi program studi terkemuka.
  4. Mengembangkan sistem tata pamong yang efektif dan efisien demi keberlanjutan serta penguatan kelembagaan program studi secara terencana dengan keluaran (output) dan dampak (outcome) yang jelas.